Tuesday, July 15, 2008

Kurang Kalsium?

Belum berapa lama yang lalu akyu terserang penyakit gatel-gatel lebih tepatnya di seputar wajah dan leher, pertama kupikir karena pengaruh air, tapi setelah diselidiki lebih lanjut kayaknya dari sesuatu yang akyu makan deh, dan dapetlah satu kesimpulan kalo abis makan ikan, udang or seafood lainnya, mulai deh terasa panas, gatel, maunya ngegaruk aja pokoknya mah! Trus terakhir ke dokter, she said kayaknya aku alergi sama seafood, wah langsung aja tercetus kalimat-kalimat penyangkalan seperti :

  • ”Tapi dok dari dulu saya nggak pernah alergi sama makanan, apalagi ikan dan saudara sepupunya, malah paling doyan!”, or someting like
  • ”Kayaknya sejak melahirkan deh! Mungkin pengaruh hormon dok!”

Dokternya Cuma senyum trus ngomong, ”Banyak faktor alergi bisa timbul dalam kasus ini, sepertinya ibu kurang kalsium”. Weleh akyu baru tahu kalo kurang kalsium bisa menyebabkan alergi terhadap sesuatu, so dianjurkan aku mesti minum susu or redoxon kalo nggak suka susu.

Anyway pembahasan selanjutnya adalah tentang pola makan orang Indonesia yang kayaknya memungkinkan kita jadi orang yang kekurangan kalsium, kenapa akyu dengan teganya ngomong gitu? Nggak jauh-jauh deh pertama aku liat emak-kyu (nenek dari pihak mami yang sudah berpulang) jangankan susu, bakso aja beliau kagak doyan makanya emak sampai penghujung umurnya kena osteoporosis parah, tubuh mungilnya yang dulu tegap sampai melengkung, trus nyokap-kyu si mami juga nggak suka susu plain alias susu putih semacem bear brand or pure milk, sukanya susu coklat or kopi susu yang sengaja beliau buat lebih banyak kopi dari pada susunya :P, untungnya mami suka keju walo mesti ditaburin dulu diatas kue bolu yang udah dipoles butter cream, itu pun intensif mami konsumsi saat menyambut Lebaran atau Natal, makanya gigi mami tuh rapuh banget.

Sebenernya sekarang produk olahan susu tuh udah banyak banget yah? Bukan Cuma keju or Yogurt, eskrim juga salah satunya. Aku suka iseng mengamati komedi sitkom luar (US tepatnya) sebangsa Friends, rata-rata mereka tuh nyetok susu (yang beneran pure milk tanpa tambahan rasa) sampe pake wadah mirip jerigen kecil di kulkas bagian bawah, dan a couple bucket of Ice Cream di freezer bagian atas kulkasnya, jadi cemilannya tuh emang sehat banget dan yang jelas berkalsium tinggi, trus kalo ada kesempatan jajan di luar rumah anak-anak di sana memilih ice cream sundae or milkshake sebagai menu favoritnya.

But Thanx God sejak beberapa tahun lalu di Negri kita tercinta ini, thanx to beberapa resto siap saji franchise dari luar negri, anak-anak muda sekarang udah familiar dengan ice cream cone yang dipopulerkan oleh McD, milkshake nya A&W, sampe yang paling bikin aku seneng beberapa bulan belakangan ini adalah iklannya keju craft (featuring chef Bara) yang ngasih ide beberapa cemilan yang disukai anak-anak yang menggunakan keju!

Bukannya aku mengagungkan life style orang-orang sono, tapi kalo bangsa kita sehat dan cukup mengkonsumsi kalsium, hope someday tidak akan ada lagi nenek yang saking rentanya nggak bisa meluruskan punggungnya lagi, ibu yang masih produktif tapi giginya udah patah-patah, or ibu muda yang suka garuk-garuk di tengah keramaian :)

1 comment:

FENDERicca IBANEZa Syahdan said...

emang bisa ya mba?
gatel2 gara2 kurang kalsium...

Soalna akhir2 ini aku sering ngerasain gatel dibeberapa bagian tubuh...TAdinya ku pikir alergi eh ternyata bukan...

Our Journey...

DaisypathAnniversary Years Ticker